Sunday, March 22, 2015

Geolistrik dan Jenis Batuan


Goelistrik dan Jenis Batuan
Survey Batuan dengan Geolistrik
Team Survey Geolistrik

Geolistrik dan sumur bor biasa di gunakan untuk anda yang akan membangun sebuah pabrik, perumahan atau pun bangunan lainnya. Kenapa demikian karena sebuah tempat usaha pasti memerlukan air untuk kebutuhannya . oleh karena itu sebelum di buatkan sumur bor kita harus mengetahui kandungan atau material yang ada dalam tanah tersebut.
dengan begitu kita mengetahui gambaran dalam tanah tersebut , seperti  berapa dalamnya air yang bisa kita dapatkan di dalam tanah nya.
bukan hanya itu dengan  geolistrik kita  dapat memastikan jenis bebatuan yang ada di dalam tanah itu sangat berguna bagi anda yang membutuhkan bebatuan untuk di pakai seperti halnya pembuatan jalan kereta api , karena batu yang di gunakannya adalah batu pilihan.

dalam artikel ini saya saya akan membahas tentang  dari mana datangnya batu.
banyak sekali jenis bebatuan dan banyak juga tempat atau zona batuan tersebut , akan tetapi tidak di semua tempat dapat di temui bebatuan maka dengan itu kita gunakan geolistrik untuk bisa mengetahui kandungan bebatuan yang ada di dalam tanah atau bumi ini.
ada pula ciri ciri spesifik dimana batuan bisa di temukan seperti hal nya terdapat di tempat tempat yang sering mengalami kejadian erupsi,  vulkanik , dan tektonik atau di sebut dengan zona gunung berapi.  Dan ada juga jenis batuan yang sudah terbentuk sejak dari bawah permukaan bumi.
semua batuan pada mulanya adalah dari magma . magma adalah benda cair , panas , pijar yang bersuhu di atas 1000 0c . lava adalah magma yang sudah muncul ke permukaan .
Sementara itu lahar adalah lava yang bercampur dengan gas , material piroklastik , air , tanah , dan tumbuhan . batuan merupakan kumpulan berbagai mineral , berdasarkan susunan kimia dan struktrur kristalnya , mineral mineral dapat di klasifikasikan menjadi delapan kelas yaitu , elemen nativ , sulfida , ( termasuk garam sulvo) oksida dan hidroksida , halida , karbonat , nitrat , borat , dan iodat , sulfat, khromat, molibdat , vanadat , serta silikat .

menurut proses terjadinya batuan di bagi 3 kelompok yaitu:

1. batuan beku
Batuan beku adalah batuan cair pijar atau magma dari dalam bumi yang membeku , berdasarkan tempat proses membekunya batuan batuan beku tersebut terdiri atas :
a. Batuan dalam yaitu membeku secara perlahan lahan di dalam.
b. Batuan korok yaitu membeku di daerah korok
c. Batuan leleran yaitu membeku secara tiba tiba di permukaan bumi.

2. Batuan endapan ( sedimen )
Batuan sedimen adalah batuan yang terbentuk sebagai hasil pemadatan endapan yang berupa bahan lepas . batuan sedimen adalah batuan yang terbentuk oleh konsolidasi sedimen, sebagai material lepas yang terangkut ke lokasi pengendapan oleh air , angin , es dan
longsoran gravitasi , gerakan tanah , atau tanah longsor. Sebanyak kira kira 70% batuan di permukaan bumi berupa batuan sedimen . namun batuan itu hanya 2% dari volume seluruh kerak bumi. Berarti batuan sedimen tersebar sangat luas di permukaan bumi, tetapi ketebalannya sangat tipis.
3.batuan malihan ( metamorf )

batuan malihan adalah batuan sedimen atau batuan beku yang telah mengalami perubahan bentuk dan sifat ( metamorfosis ) yaitu :
a)  metamorfosis berupa termal (kontak ) adalah batuan yang terbentuk karena perubahan suhu yang di sebabkan letaknya dekat magma. Misalnya marmer berasal dari batu kapur dan antrasit berasal dari batu bara.
b) metamorfosis dinamo adalah batuan yang terbentuk karena perubahan tekanan, misalnya batu sabah yang berasal dari tanah liat
c) metamorfosis regional adalah batuan yang terbentuk karena faktor suhu dan tekanan yang bekerja bersama sama , serta adanya unsur unsur batuan lain dan gas yang masuk pada waktu terjadi  kontak dengan magma . misalnya gneis , skis dan shale .

ada sepuluh tingkatan kekuatan batuan , yaitu talc , gypsum , kalsit , fluorit , apatite , feldspar ,karst , topaz , korondum dan intan.
intan adalah batuan yang paling keras , tidak ada alat atau apa pun yang bisa memotong ataupun menghancurkan intan kecuali oleh intan lagi. Dengan demikian intan adalah batuan yang paling keras di dunia , dan intan juga adalah bahan baku untuk cikal bakal berlian.Sehingga intan sering dipakai untuk pengeboran atau ekplorasi untuk menembus batuan keras.

demikian artikel mengenai informasi tentang bebatuan  , semoga bermanfaat bagi anda sekalian.
dan untuk anda yang ingin mendapatkan jenis bebatuan yang di inginkan maka hendaklah anda menggunakan geolistrik. Oleh karena itu disini kami menyedikakan jasa geolistrik buat anda yang ingin mengetahui jenis bebatuan yang ada di dalam tanah. Untuk informasi lebih jelasnya silahkan hubungi nomer 082117569323 dan pin 7507eb93 .
kami siap melayani anda.

0 comments:

Post a Comment

    Blogger news

    tenaga ahli yang bergerak dibidang ,sumur bor,properti borongan bangunan dengan dukungan tenaga muda yang handal dan berpengalaman,kejujuran adalah komitmen dan kepuasan pelanggan adalah harapan kami

    Tentang Artesis clinic

    Artesis clinic adalah jasa pembuatan sumur bor dengan sistem manual dan mesin,untuk konsultasi dan hasil terbaik, dengan team berpengalaman dan profesional, JASA GEOLISTRIK, call 082117569323/Pin BB 7507eb93

    Proyek Terbaru

    Kami telah mengerjakan proyek titik pengeboran di berbagai tempat di lokasi Jawa Barat termasuk jasa survey GEOLISTRIK, untuk info proyek klien kami dan keterangaan lebih lanjut call 082117569323 pin 7507eb93